Selasa, 10 Februari 2009

Kartu Octopus

Kartu Octopus.


Kecuali Anda memang tipe orang yang suka membawa uang kecil ke mana-mana, Anda memerlukan kartu Octopus untuk berjalan-jalan di Hong Kong. Kartu Octopus dapat digunakan untuk membayar mayoritas transportasi umum di Hong Kong. Harga awal kartu Octopus HK$150 - HK$50 untuk deposit kartu (dapat diambil kembali ketika kita mengembalikan kartu Octopus) dan HK$100 isi creditnya.

Cara penggunaannya sederhana. Setiap kali kita menggunakan transportasi umun di Hong Kong, Anda akan melihat satu mesin (warna kuning) biasanya terletak di dekat pintu masuk (kecuali di tram, di tram kita melihat mesin ini di pintu keluar - membayar biaya tram ketika kita turun dari tram). Mesin ini yang disebut dengan yellow Octopus Reader. Anda cukup meletakkan kartu Octopus Anda di depan mesin ini, dengan otomatis nilai kartu Anda akan berkurang untuk membayar biaya transportasi tersebut.

Kartu Octopus tidak hanya berlaku di transportasi umum. Ada beberapa tempat yang dapat menggunakan kartu Octopus dalam melakukan transaksi sehari, contohnya: 7-Elevens, Park n Shop Supermarket, Circle K, Watson’s Chemists, McDonalds, Cafe de Coral, Delifrance, KFC dan the Hong Kong Jockey Club. Hampir setiap tempat yang memiliki mesin yellow Octopus Reader menerima transaksi dengan menggunakan kartu Octopus.

Kartu Octopus tidak hanya berlaku Hong Kong. Kartu Octopus dapat juga digunakan di Macau dan Shenzhen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar